Info

Proses Daur Ulang Alat Pemadam Api

Sebaiknya proses daur ulang alat pemadam api dapat dilaksanakan untuk membantu pengelolaan limbahnya seperti tabung yang sudah tidak layak pakai. Salah satu contoh di luar negri menjalankan proses daur ulang alat pemadam api yang sesuai dengan akreditas ISO 9001, yang dijalankan oleh Fire Protection Recycling.

Proses Daur Ulang Alat Pemadam Api

Pertama berbagai peralatan alat pemadam api dipisahkan seperti, tabung pemadam api, alat pemadam api dengan cartridge sistem, sistem sprinkle, smoke detector, dan inozation detected. Mereka mengumpulkan setiap tipe alat pemadam untuk dipisah-pisahkan setiap part nya.

Setiap proses yang dilakukan aman dan sudah terbagi-bagi untuk area pemisahannya seperti yang digambarkan di dalam video. Setiap agen atau media pemadam ditampung kedalam IBC yang sesuai dengan jenisnya seperti jenis foam, dan dry powder. Hal ini akan membuat tabung pemadam menjadi aman untuk dipisahkan setiap bagiannya.

Bahan plastik (dudukan tabung, penahan selang, selang, pipa), metal (valve, cartridge dan tabung) dan rubber pun dipisahkan. Hal tersebut dilakukan untuk membantu proses daur ulang setiap jenis part tersebut.

Dimulai dari pemisahan dudukan, selang, valve, pipa dan berbagai bahan plastik dipisahkan. Sampai pada pemisahan bahan metal seperti badan tabung pemadam api. Setelah selesai dilakukan pemisahan, maka setiap jenis bahan tersebut dapat dilakukan daur ulang untuk menghasilkan berbagai bahan mentah yang dapat dibentuk dan difungsikan kembali.