Info

Pengertian Alat Pemadam Api Ringan - APAR

Berikut pengertian Alat Pemadam Api Ringan atau APAR. Alat Pemadam Api Ringan merupakan tabung yang berfungsi untuk mencegah atau membantu memadamkan api. Alat Pemadam Api merupakan perangkat portable yang mampu mengeluarkan air, busa, gas atau bahan lainnya yang mampu memadamkan api.

Pengertian Alat Pemadam Api Ringan - APAR

Dilengkapi dengan berbagai spare part seperti valve, tube, levers, pressure gauge, hose, nozzle, sabuk tabung, pin pengaman, bracket, dan media atau isi tabung seperti Dry Chemical Powder, Carbon Dioxide (Co2), Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam), dan hydrochlorofluorocarbon (HCFC).

Alat Pemadam Api dapat juga disebut sebagai Fire Extinguisher yang dibaca "fire ex-tin-guish-er". 

Valve: sebagai kepala perantara dalam dan luar tabung. Penutup dan membuka media untuk keluar
Safety Pin: sebagai pengaman tabung agar tidak mudah ditekan
Tube: berada di dalam tabung dan terhubung dengan valve. Perantara media yang keluar tabung
Levers: sebagai pegangan yang dapat ditekan untuk mengeluarkan media tabung
Pressure Gauge: petunjuk tekanan N2 di dalam tabung pemadam
Hose: selang penghantar media tabung
Nozzle: sebagai pegangan untuk mengarahkan media tabung pemadam
Belt (Sabuk): sebagai penahan hose
Bracket: penahan tabung yang diletakan di dinding

Alat Pemadam Api Ringan dapat membantu mematikan api kebakaran ringan hingga sedang. Spare part yang tergabung menjadi sebuah APAR mampu digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama sekitar 3-7 tahun dengan cara penyimpanan yang sesuai dengan standar. APAR pun dapat dilakukan isi ulang atau sering disebut dengan refill saat habis terpakai atau telah melewati masa kadaluarsa media selama 1-2 tahun.

Refill APAR dilakukan untuk mengembalikan fungsi tabung pemadam ke keadaan maksimal. Media powder khususnya paling sering terjadi penggumpalan atau pembekuan yang menyebabkan media powder tidak dapat keluar dari dalam tabung saat dibutuhkan.

Selalu perhatikan Pressure Gauge atau alat petunjuk tekanan gas dalam APAR. Sebaiknya jarum penunjuk berada di area hijau. Berat APAR dimulai dari 1Kg sampai dengan 9Kg. Adapun APAR yang dilengkapi dengan trolley yang berfungsi untuk memudahkan pergerakan atau pemindahan APAR ke area lainnya.

Letakan APAR pada tempat yang sejuk dan aman. Anda pun dapat menempatkan APAR di sudut dinding menggunakan box pelindung. Jangan meletakan APAR di area yang terkena sinar matahari langsung.

Bila APAR sudah mengalami korosi, penyok atau mengalami kerusakan lainnya, maka segeralah membawanya ke tenaga ahli untuk dapat diperbaiki atau diganti dengan spare part yang baru. Sekian pengertian dari alat pemadam api ringan atau disingkat APAR di Indonesia.