Info

Jangan Menggunakan Air Untuk Memadamkan Api Minyak

Jangan pernah menggunakan air untuk memadamkan api dari minyak ketika anda memasak di dapur. Kesalahan ini sering kali dilakukan oleh banyak orang untuk memadamkan api minyak. Namun yang sebenarnya terjadi adalah air hanya akan membuat keadaan semakin menjadi buruk.

Api dan air tidaklah dapat bercampur dan air memiliki masa yang lebih berat dibanding dengan minyak. Air yang terkena minyak akan tenggelam ke dasar tempat masak (panci/kuali) membuat air dan minyak menjadi sangat panas dan menguap dengan cepat. Penguapan tersebut akan meluas dengan sangat cepat dan membuat nyala api memercik ke segala arah (minyak panas).

Jangan Menggunakan Air Untuk Memadamkan Api Minyak


Cobalah untuk segera mematikan kompor dan menutup panci dengan penutupnya (jangan yang kaca) untuk meniadakan oksigen terhadap minyak yang terbakar. Sebaiknya anda tidak memadamkan api minyak dengan melempar handuk, mengipasi api, karena hal tersebut akan membuat api akan menyebar dan membesar.

Jangan pula menggunakan tepung kue, namun lebih baik menggunakan soda kue. Karena soda kue mampu memadamkan api. Anda pun dapat memakai karung basah dan tutup segala area api dengan karung basah secara cepat dan tepat. Anda juga dapat menggunakan Fire Blanket yang dapat membantu mematikan api dengan mudah. Hal tersebut juga mampu memutuskan oksigen dengan api.

Berikut ini video ilustrasi yang terjadi jika menggunakan air untuk memadamkan api minyak





Baiknya jika anda sedang memasak jangan pernah meninggalkan area dapur untuk melakukan kepentingan lainnya yang membuat anda lupa akan kegiatan memasak yang sedang dilakukan. Karena hanya perlu beberapa menit saja sampai minyak panas menjadi mengeluarkan api saat sedang di panaskan.

Untuk dapat memadamkan Api dari minyak adalah dengan menggunakan tabung pemadam api dengan media Dry Chemical Powder, Foam AFFF, Co2, dan hydrochlorofluorocarbon (HCFC). Maka dari itu sebaiknya menyediakan selalu Alat Pemadam Api Ringan di dekat dapur anda.

Untuk ukurannya anda dapat menyiapkan 1 Tabung pemadam api dengan ukuran 3,5 Kg disetiap sudut area yang rawan akan terjadinya kebakaran kecil. Pelajari pula cara menggunakan alat pemadam api untuk dapat dengan mudah menggunakannya.

Pastikan selalu untuk melakukan isi ulang tabung dalam kurun waktu 1 tahun. Sekian informasi mengenai Jangan Menggunakan Air Untuk Memadamkan Api Minyak.