Info

Pengertian Fire Hose dan Fire Nozzle


Pengertian Fire Hose Fire Nozzle

Berikut adalah pengertian dari Fire Hose dan Fire Nozzle yang merupakan satu kesatuan. Fire Hose merupakan selang pemadam api yang dihubungkan ke pillar hydrant pada fire hydrant system. Ada pula berbagai macam selang pemadam api seperti Fire Hose berbahan kanvas dan rubber, Fire Hose berbahan full rubber, Fire Hose berbahan karet, dan Fire Hose berbahan PU-Polyster.

Setiap Fire Hose memiliki bahan pembuatan yang berbeda beda dan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Fire Hose memiliki ukuran panjang 20 meter sampai 30 meter dan terdapat diameter 1,5 inch dan 2,5 inch. Variasi harga Fire hose dimulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Untuk harga tergantung dari jenis bahan dari Fire hose atau selang air pemadam api.

Fire Hose Selang Pemadam Api


Fire Nozzle merupakan pengarah air yang mimiliki tekanan yang berasal dari pipa, dan tangki mobil pemadam kebakaran. Secara penempatan Nozzle berada di ujung sebuah selang pemadam kebakaran. Adapun berbagai ukuran dan bentuk dari Nozzle.

Setiap penggunaannya Nozzle harus disesuaikan dengan jenis api yang akan dipadamkan pada suatu area. Tetapi semua jenis nozzle memiliki kemampuan yang sama yaitu dapat menutup katup penutup (Shut Off) yang berguna untuk mengontrol air yang keluar.

Fire Nozzle

Ada berbagai jeniz Fire Nozzle, seperti Tipe Jet (Smooth Bore), Tipe Spray (Fog Nozzle), Tipe Foam Educator, Tipe Master Stream, Tipe Forestry/Wildland, Tipe Foam, Tipe Fixed Orifice, Tipe Selectable Gallonage, Tipe Specialty dan Deluge Guns (Flood Nozzle).

Setiap Fire Nozzles tersebut digunakan untuk berbagai jenis keadaan termasuk mematikan api, melindungi pekerja pemadam kebakaran, dan melindungi lingkungan sekitar terhadap api yang merambat. Fire Nozzle terdiri dari ukuran 1 inch, 2 inch dan 2,5 inch. Untuk harga dimulai dari ratusan ribu sampai jutaan dan harga tergantung dari kualitas serta merek dari Fire Nozzle tersebut. Sekian penjelasan pengertian fire hose dan fire nozzle.

Source: www.inglasco.nl