Info

Cara Mudah Menggunakan Fire Blanket

Berikut adalah cara mudah menggunakan Fire Blanket atau Selimut Pemadam Api atau Kain Pemadam Api. Fire Blanket adalah salah satu peralatan pemadam kebakaran yang efektif membantu memadamkan api.

Fire Blanket dibuat dari kain berkualitas yang memiliki tingkat ketahanan terhadap panas mencapai 700° C. Fire Blanket juga memiliki berat yang sangat ringan dan dapat digunakan berkali-kali. Perawatannya yang mudah membuat Fire Blanket dapat menjadi salah satu peralatan pemadam api andalan.

Cara Mudah Menggunakan Fire Blanket

Bentuknya yang sederhana seperti kain biasa, namum kualitasnya (Kain katun kanvas yang Resistan terhadap Api) yang luar biasa mampu membantu memadamkan api kecil yang susah dipadamkan oleh air, yaitu api dari minyak. Fire Blanket juga dapat difungsikan untuk melindungi seseorang yang sedang terjebak kebakaran dengan cara membungkus orang tersebut dengan Fire Blanket. Dengan begitu Fire Blanket dapat mencegah terjadinya luka bakar pada kulit seseorang yang terperangkap oleh api.

Umumnya Fire Blanket dapat diletakan di dapur rumah, dapur kantor, kamar tidur, ruang kantor, gudang, toko, mobil, dan berbagai tempat lainnya. Cara kerja Fire Blanket adalah menghentikan segala suplai udara (oksigen) ke sumber api. Perlu diketahui bahwa ada berbagai macam ukuran Fire Blanket, dari ukuran 1,2mx1,2m - 1,2mx1,8m dan 1,8mx1,8m.

Maka dari itu sebelum anda mulai memadamkan sebuah sumber api pastikan dahulu ukuran Fire Blanket juga mampu menutupi seluruh area api. Jika api terlalu besar maka lebih baik menggunakan Alat Pemadam Api Ringan atau Alat Pemadam Api Berat. Persiapkan nomor dinas pemadam kebakaran jika keadaan tetap memburuk.

Cara Mudah Menggunakan Fire Blanket

Menggunakan Fire Blanket

Cara mudah menggunakan Fire Blanket yaitu dengan memerhatikan ukuran api dan ukuran Fire Blanket. Selanjutnya usahakan untuk memakai pelindung tangan (Sarung Tangan Anti Api / Sarung Tangan Lembab) untuk melindungi hembusan atau sebaran api yang dapat mengenai tangan anda.
  1. Tarik kedua pita pada Fire Blanket sampai keseluruhan Fire Blanket keluar dari tempat penyimpanannya. 
  2. Untuk minyak yang terbakar pada penggorengan maka matikan gasnya terlebih dahulu.
  3. Tutup secara perlahan area yang terbakar dengan Fire Blanket sepenuhnya.
  4. Anda juga dapat menggunakan Fire Blanket untuk mematikan api yang membakar area tubuh seseorang dengan menutup area yang terbakar dengan menggulungnya ke badannya (Hindari menutup area hidung dan mulut).
  5. Buka seluruh jendela untuk membuat udara bersih dapat menggantikan udara kotor karena kebakaran. 
  6. Biarkan Fire Blanket yang menutup area sumber api selama 30 menit lebih untuk membuat area tersebut menjadi aman terkendali dan membuat api tidak menyala kembali.
  7. Bersihkan Fire Blanket dan area yang sebelumnya terbakar.
Pastikan untuk tidak menggunakan Fire Blanket pada benda elektronik yang terbakar dan memiliki tegangan yang tinggi. Fire Blanket atau Welding Blanket dapat diletakan di dalam laci dapur, sudut dinding, mobil dan berbagai area lainnya. Berikut adalah video cara mudah menggunakan Fire Blanket.